Sabtu, 14 Maret 2009

Para Perawat lansia




Keberhasilan pelayanan  Panti  tidak lepas  dari  peran utama para pramurukti ( perawat  lansia) yang  siap sedia  24  jam menemani, melayani  opa opa.

Kehadiran mereka  tidak begitu mudah diabaikan, sebab mereka melakukan apa saja  untuk menolong  para lansia.

Meski usia mereka tergolong  muda, dan semula  tidak bercita-cita  demikian, tetapi pengalaman  hidup bersama  dalam komunitas Panti,  telah membuat mereka betah.

Memang  tidak  banyak orang mau bekerja  demikian, yang  berhadapan dengan " yang tidak menarik"   dalam dunia  kaum lansia, tetapi  ketetapan hati   mereka  yang mau terlibat dalam pelayanan ini patut  diancungkan jempol.

Meski perlu banyak belajar, tidak masalah, asal ada kemauan. Apalagi  di Panti  semua  pekerjaan dan pelayanan ditanggung bersama.  

Kehidupan yang tertib, membuat mereka betah. Apalagi  mereka  tahu, akan mendapat banyak rahmat  dan berkat  dari TUhan. Mereka  dianggap cucu  oleh oma opa. Dan mereka bahagia bila  saat -saat  terakhir  oma opa menghembuskan napas  terakhir, di tangan mereka. Ych,,,  buka  anak, bukan cucu  bukan siapa-siapa  tetapia Tuhan mengijinkan mereka menyaksikan saat-saat indah , saat - saat terakhir  kehidupan  seoraang manusia tua. Ini  rahmat  dan menyenangkan, meski  bagi kebanyakan orang ada kesan "takut"akan hal itu. 

Untuk  mengingkatkan   skill yang  didukung  dengan pengetahuan yang cukup, mnereka harus  dibekali dengan pengetahuan yang memadai. Belajar   dan bekerja.  . secara teratur dan serius,  akan mendatangkan hasil buah pelayanan yang lebih proporsional kepada   lansia.

Mereka berasal dari beragam daerah , dari Nias, Riau, Palembang, Jogja dan Flores. Bertemu dan bersatu  dalam pelayanan kasih kepada  lansia di  Panti Bhakti Kasih Siti Anna.

Jangan ditanya  soal upah, itu nomor  kesekian. Sebab  kebahagiaan dalam pelayanan sebenarnya sudah  merupakan  upah yang tak ternilai harganya.

Tidak cuma merawat  oma opa, kehadiran mereka juga mesti menopang  seluruh sendi kehidupan Panti,  soal makan minum, soal kebersihan,  berdoa, dll. 

1 komentar: